Rational Unified Process “Best Practices”

RUP mendeskripsikan bagaimana cara efektif untuk mengembangkan. Cara-cara pengembangan ini disebut sebagai “Best Practices (cara terbaik)” karena cara ini sering dipakai oleh industri dalam menggunakan RUP. Berikut adalah cara tersebut.

1. Develop Software Iteratively / Pengembangan software secara berulang

Dengan perkembangan sistem perangkat lunak yang canggih seperti pada zaman sekarang, adalah tidak mungkin untuk membangun sistem software secara berurutan, pertama menggambarkan seluruh masalah, mendisain seluruh solusi, membangun perangkat lunak dan lalu menguji produk pada akhirnya. Satu pendekatan berulang diperlukan, pendekatan ini mengizinkan suatu peningkatan pemahaman masalah melalui proses yang berurutan, penyulingan/perbaikan, dan untuk secara bertahap menumbuhkan suatu solusi yang efektif dari proses yang berulang tersebut. Rational Unified Process mendukung satu pendekatan yang berulang pada pengembangan software yang meminimalisir materi resiko yang paling tinggi pada setiap tahap di dalam lifecycle, secara signifikan dapat mengurangi suatu profil resiko proyek. Pendekatan berulang ini membantu meminimalisir dalam mengambil resiko melalui proses berkala yang dapat dibuktikan, hasil akhir memungkinkan keterlibatan dan feedback (umpan balik) pengguna akhir secara berkelanjutan. Karena masing-masing proses pengulangan berakhir dengan satu executable release, tim pengembang dapat tetap memfokuskan diri pada hasil produksi, dan secara berkala memeriksa status dapat menolong memastikan bahwa project tetap sesuai jadwal. Satu pendekatan berulang juga dapat membuat lebih mudah pengakomodasian perubahan-perubahan taktis di dalam persyaratan-persyaratan, fitur atau jadwal dari suatu proyek.

2. Manage Requirements / Pengelolaan Persyaratan

Rational Unified Process menguraikan bagaimana caranya menimbulkan, mengorganisir keperluan pendokumentasian, kemampuan dan batasan-ba tasan; jejak/jalur dan dokumen tradeoffs dan keputusan-keputusan; kemudian dengan mudah menangkap dan mengkomunikasikan persyaratan-persyaratan bisnis. melarang pendugaan use case dan skenario dalam proses sudah terbukti menjadi salah satu cara yang sempurna untuk menangkap syarat fungsional dan untuk memastikan bahwa pengarah tersebut, baik desain, implementasi dan uji coba perangkat lunak, membuat sistim akhir menjadi lebih mungkin memenuhi keperluan pengguna akhir. RUP menyediakan koheren dan dokumen yang dapat dilacak baik pada saat pengembangan ataupun pada saat sistem telah selesai dikerjakan.

3. Used component-based architectures / Penggunaan Arsitektur Berbasis Komponen

Sebelum mengikat sumber daya untuk pengembangan penuh skala, proses memusat di awal pengembangan dan berdasarkan pada suatu arsitektur yang kuat. RUP menguraikan bagaimana caranya mendisain arsitektur yang fleksibel, mengakomodasi perubahan yang dengan tidak sengaja dan dapat dimengerti, dan lebih mempromosikan penggunaan kembali perangkat lunak efektif. Rational Unified Process mendukung pengembangan software berbasis komponen. Komponen-komponen bersifat modul-modul tidak penting, komponen adalah sebuah subsistem yang memenuhi suatu fungsi yang jelas. Rational Unified Process menyediakan suatu pendekatan yang sistematis untuk melukiskan satu arsitektur menggunakan komponen-komponen baru dan komponen yang sudah ada. Komponen ini dirakit dalam sebuah arsitektur yang telah dirumuskan dengan baik, ataupun yang khusus untuk suatu maksud, atau di suatu infrastruktur komponen seperti Internet, CORBA, dan COM, atau di mana satu industri dari komponen-komponen yang bisa digunakan kembali sedang muncul.

4. Visually model software / Pemodelan Software Secara Visual

Proses menunjukkan bagaimana caranya memodelkan perangkat lunak secara visual untuk menangkap struktur dan perilaku dari arsitektur-arsitektur dan komponen-komponen. Hal ini mengizinkan untuk menyembunyikan detil dan menulis kode menggunakan “blok bangunan grafis.” Abstraksi-abstraksi visual membantu mengkomunikasikan aspek yang berbeda dari perangkat lunak; lihat bagaimana unsur-unsur dari sistim saling bersesuaian; pastikan bahwa blok bangunan bersifat konsisten dengan kode. pelihara konsistensi antara suatu desain dan implementasinya; dan promosikan komunikasi yang jelas. Standard industry Unified Modelling
Language (UML) diciptakan oleh Rational Software.

5. Verify software quality / Verifikasi kualitas software

Kinerja aplikasi yang lemah dan keandalan aplikasi yang sedikit adalah faktor umum yang secara dramatis menghalangi kemampuan penerimaan aplikasi-aplikasi perangkat lunak hari ini. Karenanya, mutu harus ditinjau dengan seksama berdasar persyaratan-persyaratan pada keandalan, kemampuan, kinerja aplikasi dan kinerja sistim. RUP dapat membantu dalam
perencanaan, desain, implementasi, eksekusi, dan evaluasi test seperti ini. Penilaian mutu dibuat ke dalam proses, di dalam semua aktivitas, menyertakan semua peserta, menggunakan sasaran pengukuran-pengukuran dan ukuran-ukuran, dan tidak diperlakukan sebagai satu pikiran ke depan atau suatu aktivitas yang terpisah yang dilaksanakan oleh suatu kelompok yang terpisah.

6. Control changes to software / Kendali perubahan software

Kemampuan untuk mengatur perubahan memastikan bahwamasing-masing perubahan adalah bisa diterima, dan mampu untuk menjejaki perubahan penting dalam satu lingkungan di mana perubahan tak bisa terelakkan. Proses menguraikan bagaimana caranya mengendalikan, menjejaki dan memonitor perubahan untuk memungkinkan suksesnya pengembangan berulang. RUP juga memandu bagaimana caranya mengamankan ruang kerja untuk masing-masing pengembang dengan menyediakan pengasingan dari perubahan-perubahan buatan ruang kerja yang lain dan oleh perubahan-perubahan pengendalian dari semua artefak perangkat lunak (contoh., model, pengkodean, dokumen, dll.). hal ini menjadikan suatu tim pengembang dapat bekerja bersama sebagai suatu unit dengan menguraikan bagaimana caranya mengotomatiskan pengintegrasian dan membangun manajemen.

Advertisements
Posted in Software Engineering Methodologi
2 comments on “Rational Unified Process “Best Practices”
  1. yudi says:

    mau nanya referensi bukunya apa yahh
    jawabnya ke e-mail aja yahh
    pc_yudi@yahoo.com
    terimakasih sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Branbench.com Certified
VB.Net Fundamental

RDBMS Developer

Win XP Fundamentals

Networking Concept

Html 3.2

c sharp is cool

Network Security

MS Sharepoint Portal Certifiedl
RMHD.wordPress.com
Blog Stats
  • 9,637 hits
Top Clicks
  • None
Hari-hari ngepost
August 2007
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d bloggers like this: